Minggu, 01 Desember 2013

TUGAS MAKALAH KOMUNIKASI BISNIS TENTANG INTERNET, E-COMERCE & E-GOVERMENT



TUGAS MAKALAH KOMUNIKASI BISNIS
TENTANG INTERNET, E-COMERCE & E-GOVERMENT






 

DISUSUN OLEH :
1.      SONI LABERTA                      6.  ANWAR
2.      HANAFI                                   7.  ANDRISMAN
3.      AHMAD SYAIFUL                  8.  MAYA
4.      OKI                                          9.  RENI
5.      FAHRI 


           
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AHMAD DAHLAN
(STIEAD JAKARTA)
2013
BAB I
INTERNET

Sejalan dengan meningkatnya peranan informasi dalam bisnis maupun teknologi, akses terhadap sumber dan jaringan informasi menjadi semakin penting bagi berbagai kalangan baik dalam bidang pendidikan,pemerintahan maupun masyarakat umum. Internet berkembang sangat pesat pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya semua kalangan masyarakat mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui internet.
Dari penjelsan diatas terpikirlah oleh kami untuk menyusun makalah yang berjudul internet.agar dapat dipahami segi pengoperasian, dampak positif dan negatif serta fungsinya.

A.    Sejarah Internet
Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam proyek ARPA - ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) melakukan demontrasi bagaimana bisa melakukan komunikasi tanpa batasan jarak (jarak tak terhingga) melalui saluran telepon menggunakan hardware dan software komputer berbasis Sistem Operasi UNIX. Pada proyerk ARPANET tersebut setelah dirancang bentuk jaringan dengan standarisasi kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan untuk saling berbagi maka terbentuklah sebuah protokol baru yang dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

B.      Pengertian
Pemakai komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu Internet dapat diartikan sebagai jaringan yang menghubungkan dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statishingga yang dinamis dan interaktif.


1.   Bebarapa Aplikasi yang paling banyak di kenal di Internet
1.1 World Wide Web (www)
Merupakan   aplikasi   yang  paling  penting   karena   dapat   dimanfaatkan   untuk berbagai   hal.   www   adalah   dokumen-dokumen   internet   yang   disimpan   di server-server yang terdapat di seluruh dunia.
1.2 Electronic Mail (email)
Adalah   aplikasi   internet   untuk   sarana   komunikasi   surat   menyurat   dalam bentuk elektronik.
1.3. Mailing List (Milis)
Adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. 
1.4  Newsgroup
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum.
1.5  Internet Raly Chart (IRC)
Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet yang dikenal dengan istilah chatting.
1.6  File Transfer Protocol (FTP)
Merupakan   aplikasi   internet   yang   digunakan   untuk   mengirimkan   atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain dengan lebih cepat.
1.7  Telnet
Adalah   aplikasi   internet   yang   digunakan   untuk   mengakses   komputer   yang letaknya jauh.
1.8  Gopher
Adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet
2.   Perangkat keras yang di Gunakan
2.1  Personal Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan
2.2  Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
2.3  Tower triangle
adalah sebuah alat yang sering kita jumpai di sekitar kita. alat ini biasa kita jumpai di gedung -gedung tinggi maupun perkantoran, selain itu bisa juga kita jumpai di sekolah-sekolah maupun warnet. Tower triangle sendiri mempunyai fungsi yang sangat banyak. selain bisa kita gunakan untuk meletakkan atau sebagai tempat pendukung dalam instalasi jaringan internet, tower triangle juga bisa juga digunakan untuk antena radio amatir maupun antena lainnya.
2.4  Access Point
  dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait. WAP biasanya yang terhubung ke jaringan kabel, dan dapat relay data antara perangkat nirkabel (seperti komputer atau printer) dan kabel pada perangkat jaringan.
Acces Point sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya


1.5  Kamera Internet/webcamp
adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua, program pengolahpesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Istilah kamera ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang-kadang diganti dengan kata lain yang memerikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan perdesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Kamera ramatraya adalah sebuah kameravideo bergana (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB atau pun colokan COM.

3.    Cara Menghubungkan
*       Melalui jaringan
*       Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up).
*       Menggunakan jaringan GPRS.
*       Melalui WiFi.
*       Menggunakan jaringan TV Kabel.
*       Menggunakan Wireless Broadband

4. JARINGAN KOMPUTER
a. Local Area Network (LAN)
- LAN merupakan jaringan yang terdiri atas satu komputer (bisa juga perangkat lain) atau lebih, dalam suatu area tertentujaringan komputer yang biasa ditemui sehari-hari, di perkantoran, kampus, atau bahkan di rumah yang mencakup area terbatas
b.  Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah   jaringan   LAN   dalam   versi   yang   lebih   besar.   MAN   umumnya
digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan.
c. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi
geografis.
d. Global Area Network (GAN)
Mempunyai cakupan geografis yang paling luas sebab jaringan ini meliputi
seluruh dunia.

5.   Internet Service Provider
            Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dll.

Fungsi Internet Service Provider
·         Sebagai media yang memberikan jasa untuk saling berhubungan dengan internet.
·         Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
·         Menyediakan modem untuk dial-up.
·         Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
·         Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
·         Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
·         Memberi tempat untuk homepage.
·         ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.


6.   WEB BROWSER
            Web browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog. Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara. Browser juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai hasil output yang informatif.
Browser juga bisa disebut sebagai Jembatan antara pengguna Internet dengan Internet, tanpa browser ini mustahil para pengguna internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan web browser ini juga, para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai macam informasi yang terdapat di Internet dengan mudah.
Beberapa contoh Web Browser yang ada :
1)      MOZILLA FIREFOX --> Cepat, aman dan kaya tampilan.
2)      OPERA --> Cepat dan tampilan halaman web yang optimal dan memukau.
3)      INTERNET EXPLORER --> Web browser bawaan windows.
4)      SAFARI --> Web browser khas macintosh.
5)      GOOGLE CHROME --> Web browser yang dikembangkan oleh google.
6)      AVANT BROWSER --> Web browser berbasis internet explorer namun dengan tampilan yang lebih elegan
7)      FLOCK --> Web browser yang ditujukan buat penggila social engineering.

   Analisa
1.     Strengths, (kekuatan) kekuatan atau keunggulan internet
yaitu internet dapat di gunakan kapan saja serta bisa di akses lebih cepat dari pada kita mencari informasi pada buku-buku.
2.      Seaknesses,(kelemahan) kelemahan internet
Dengan teknologi komunikasi yang berkembang pesat internet juga memiliki kelemahan, yaitu adanya penyebaran virus yang di sebabkan oleh internet itu sendiri.

3.    Opportunities,( peluang)peluang internet
yaitu internet bisa di jadikan sebagai media untuk transaksi jual beli bahkan untuk berbisnis.
4.     Threats, (ancaman)  ancaman internet
Selain menguntungkan internet juga dapat memberikan ancaman berupa dampak negative, misalnya untuk membuka situs situs porno dan lain sebagainya.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET
A.    DAMPAK POSITIF
-  Internet sebagai media komunikasi
-  Media pertukaran data
-  Media untuk mencari informasi atau data
- Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi
-  Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
- Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju
ke tempat penawaran/penjualan.


B.     DAMPAK NEGATIF

a.      Pornografi Anak / Eksploitasi
b.      Pelecehan Cyber
c.       Perdagangan Pasar Gelap Cyber 
d.      Kesalahan informasi / Propaganda
e.       Penipuan
f.       Pecandu Online
g.      Penyebaran Virus    


BAB II
E COMMERCE
Perkembangan internet menyebabkanterbentuknyaduniabaru yang disebut duniamaya.Di duniamaya,setiap individu memilikihakdan kemampuan untukberinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yangterkenadampakkehadiraninternet,sektorbisnismerupakan sektoryangpalingterkenadampakdariperkembanganteknologiinformasidantelekomunikasisertapalingcepattumbuh.Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melaluie-commerce,seluruhmanusiadimukabumimemilikikesempatandanpeluangyangsamauntuk bersaingdanberhasilberbisnis diduniamaya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana internet, e-business dan e-commercetersebut.
1.         TujuanE-Commerce
            1.         Agar orang yang inginmembelibarangatautransaksilewat internet hanyamembutuhkanakses internetdan interface-nyamenggunakanweb browser
            2.         Menjadikanportal e-commerce / e-shoptidaksekedarportalbelanja, tapimenjaditempatberkumpulnyakomunitasdenganmembangunbasiskomunitas, membangunkonsep pasar bukansekedartempatjualbeli dan sebagaipusatinformasi(release, productreview, konsultasi, dll)
3.         Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasikonsepsipelayanankonvensionaldan virtual :responsif (respon yang cepat dan ramah), dinamis, informatif dan komunikatif
4.              Informasi yang up to date, komunikasimulti-arah yang dinamis
5.                Modelpembayaran :kartukreditatau transfer.
6.                Memahami lebih dalam mengenai internet, e-businessdan e-commerce
            7.                Mengembangkan wawasan penulis
2.  Manfaat
1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik. 
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik. 
3. Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat. 
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik: 
1. Biaya tinggi. 
2. Masalah keamanan. 
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
3.         PENGERTIAN E – COMMERCE
            E- commerce (electronic comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan computer lainya. E commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, antara lain sebagai berikut :
            Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, barang dan jasa, melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
Perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis.
Perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli barang melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.

            Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen pembeli, penjual, barang dan jasa, media yang digunakan dalam hal ini adalah internet.
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga e commerce pun menjadi identik dalam menjalankan bisnis di internet.
            Dengan menggunakan teknologi informasi, e commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. E commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan yang konsisten.

4.  KELEBIHAN & KEKURANGAN E COMMERCE

Kelebihan e commerce :
- Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.
Kekurangan e commerce :
- Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.
5.BERBISNIS DENGAN E COMMERCE
            Sebuah perusahaan e commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekutan produk saja, tetapi dengan adanya tim manajemen yang handal pengiriman yang tepat waktu.
Factor yang harus diperhatikan dalam berbisnis e commerce :
-menyediakan harga yang kompetitif
-adanya jasa yang handal
-adanya kemudahan dalam kegiatan perdagangan
-menyediakan informasi mengenai barang dan jasa secara lengkap




BAB III
E- GOVERMENT

Perkembangan teknologi informasi dibidang pemerintahan sedang menuju kepemerintahan yang e-government, Problem-problem mengenai masalah kewarganegaraan, dapat teratasi lewat pembangunan tata pemerintahan, termasuk kependudukan, berbasis elektronik (electronic based government, e-government). Secara pragmatis, e-government dapat meningkatkan efisiensi sekaligus menekan praktek penyimpangan administrasi negara. Lebih mendasar lagi, dari kaca mata politik demokrasi, melalui tiga kerangka kerjanya, yang terdiri atas e-government consultation, dan e-decision-making, komitmen dan keberhasilan pemerintah suatu negara, dalam menyelenggarakan e-government dapat dijadikan indikator kesediaan pemerintah tersebut dalam berbagi informasi dan pengetahuan dengan warganya. Secara lebih mendalam departemen instansi pemerintah dalam mempersiapkan visi dan misi kebijaka teknologi informasi, lebih melihat pada faktor equity (menjadikan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi penggunaan umum). Dibandingkan dengan keempat faktor yang lainnya yaitu demokratisasi, transparansi, akuntabilitas dan globalisasi. Untuk mencapai target penerapan teknologi informasi yang efektif perlu diadakan komputerisasi pemerintahan atau e-government dan sumber daya manusia dan pendidikan. Alasannya karena penerapan teknologi informasi akan menjadi optimal apabila pengetahuan para pemakai atau pengguna jasa teknologi benar-benar memahami teknologi sehingga sasaran penerapan teknologi informasi tercapai.


1.       TUJUAN PENERAPAN e-GOVERNMENT

Konsep e-government diterapkan dengan tujuan bahwa hubungan pemerintah baik dengan masyarakatnya maupun dengan pelaku bisnis dapat berlangsung secara efisien, efektif dan ekonomis. Hal ini diperlukan mengingat dinamisnya gerak masyarakat pada saat ini, sehingga pemerintah harus dapat menyesuaikan fungsinya dalam negara, agar masyarakat dapat menikmati haknya dan menjalankan kewajibannya dengan nyaman dan aman, yang kesemuanya itu dapat dicapai dengan pembenahan sistem dari pemerintahan itu sendiri, dan e-government adalah salah satu caranya.
Selain itu tujuan penerapan e-government adalah untuk mencapai suatu tata pemerintahan yang baik (good governance). Pengertian dari tata pemerintahan yang baik (good governance) menurut UNDP seperti yang dinyatakan dalam Dokumen Kebijakan UNDP yang diterbitkan pada bulan Januari 1997 dengan judul "Tata Pemerintahan Menunjang Pembangunan Manusia Berkelanjutan", adalah : "penggunaan wewenang ekonomi, politik dan administrasi guna mengelola urusan-urusan negara pada semua tingkat. Tata pemerintahan menyangkut seluruh mekanisme, proses, dan lembaga-lembaga di mana warga dan kelompok-kelompok masyarakat mengutarakan kepentingan mereka, menggunakan hak hukum, memenuhi kewajiban dan menjembatani perbedaan-perbedaan di antara mereka."
2.       Definisi-definisi E-Government
E-Government menurut kominfo Adalah upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis/ menggunakan electronik dalam rangka meningkatkan pelayanan publik secara efektif dan efisien.
E-Government menurut world bank Adalah penggunaan tekhnologi informasi oleh kantor-kantor pemerintah untuk pelayanan lebih baik pada masyarakat dunia usaha dan untuk memperbaiki kerjasama antar institusi pemerintah.
Secara umum penerapan E-Gov adalah untuk memperpendek limit pengambilan keputusan serta rentang kendali sistem managemen pemerintahan yang slama ini merupakan sistem hirarki kewenangan dan komando sektoral yang memicu.

3.       Manfaat e-Government
Penelitian-penelitian sebelumnya, menemukan bahwa implementasi e-government mempunyai manfaat dan dampak yang cukup signifikan dalam banyak hal. Manfaat tersebut antara lain adalah peningkatan efisiensi, kualitas layanan publik, transparansi, partisipasi publik, dan pengembangan ekonomi (e.g. Seifert dan Bonham, 2003; Grönlundet al., 2005; Kumar dan Best, 2006).


4. METODE PENELITIAN

A. Variabel Penelitian
Penelitian ini mengukur penilian subyektif pengusaha terhadap lima variabel yang masing–masing. mewakili prinsip-prinsip e-government, yaitu kepedulian terhadap stakeholder, efektivitas dan efisiensi, partisipasi masyarakat, akuntabilitas, dan transparansi. Tidak semua prinsip e-government dimasukkan dalam penelitian ini.

B. Efektivitas dan efisien
Variabel ini digunakan untuk mengukur kualitas proses yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pemerintah yang membuahkan hasil sesuai kebutuhan warga masyarakat dan dengan menggunakan sumberdaya secara optimal.

C.  Akuntabilitas
Variabel ini digunakan untuk menilai kinerja pemerintah yang bertugas dalam pengambilan
keputusan dengan bertanggungjawab kepada masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan.





KESIMPULAN
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.
Segala sesuatu tidak terlepas dari sisi positif dan negatif,begitu pula dengan internet banyak sisi positif tetapi ada juga sisi negatifnya.
Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.




Daftar Pustaka
Tutang.2007. Praktikum Internet.Penerbit D @TAKOM Lintas Buana,Jakarta
Ahmad.S.P dan Ario T. Suwarno,207 menjelajah Dunia Maya,

1 komentar:

  1. El Yucateco Hotel & Casino - MapyRO
    El Yucateco Hotel & Casino 충청북도 출장안마 in El Cajon, CA features 954 guest rooms and suites, 이천 출장샵 104 Forbes 문경 출장안마 Travel Guide 부천 출장마사지 Five-Star restaurants, exciting leisure 전라북도 출장마사지 activities,

    BalasHapus