TUGAS MAKALAH KOMUNIKASI BISNIS
TENTANG INTERNET, E-COMERCE & E-GOVERMENT
DISUSUN OLEH :
1.
SONI LABERTA 6. ANWAR
2.
HANAFI 7. ANDRISMAN
3.
AHMAD SYAIFUL 8. MAYA
4.
OKI 9. RENI
5.
FAHRI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI AHMAD DAHLAN
(STIEAD JAKARTA)
2013
INTERNET
Sejalan dengan meningkatnya peranan informasi dalam
bisnis maupun teknologi, akses terhadap sumber dan jaringan informasi menjadi
semakin penting bagi berbagai kalangan baik dalam bidang
pendidikan,pemerintahan maupun masyarakat umum. Internet berkembang sangat
pesat pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di
dunia, sehingga sudah seharusnya semua kalangan masyarakat mengenal manfaat apa
yang dapat diperoleh melalui internet.
Dari
penjelsan diatas terpikirlah oleh kami untuk menyusun makalah yang berjudul
internet.agar dapat dipahami segi pengoperasian, dampak positif dan negatif
serta fungsinya.
A. Sejarah Internet
Pada tahun 1969
Departemen Pertahanan Amerika Serikat dalam proyek ARPA - ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network) melakukan demontrasi bagaimana bisa melakukan
komunikasi tanpa batasan jarak (jarak tak terhingga) melalui saluran telepon
menggunakan hardware dan software komputer berbasis Sistem Operasi UNIX. Pada
proyerk ARPANET tersebut setelah dirancang bentuk jaringan dengan standarisasi
kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan untuk saling berbagi
maka terbentuklah sebuah protokol baru yang dikenal TCP/IP (Transmission
Control Protocol/Internet Protocol).
B. Pengertian
Pemakai komputer luas
dan besar yang mendunia, yaitu Internet dapat diartikan sebagai jaringan yang menghubungkan
dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia,dimana di dalamnya terdapat
berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statishingga yang dinamis dan
interaktif.
1. Bebarapa
Aplikasi yang paling banyak di kenal di Internet
1.1 World Wide Web (www)
Merupakan
aplikasi yang paling
penting karena dapat
dimanfaatkan untuk berbagai hal.
www adalah dokumen-dokumen internet
yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh
dunia.
1.2 Electronic Mail (email)
Adalah
aplikasi internet untuk
sarana komunikasi surat
menyurat dalam bentuk
elektronik.
1.3. Mailing List (Milis)
Adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana
diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email.
1.4 Newsgroup
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk
berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum.
1.5 Internet
Raly Chart (IRC)
Merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk
bercakap-cakap di internet yang dikenal dengan istilah chatting.
1.6 File
Transfer Protocol (FTP)
Merupakan
aplikasi internet yang
digunakan untuk mengirimkan
atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain dengan lebih
cepat.
1.7 Telnet
Adalah
aplikasi internet yang
digunakan untuk mengakses
komputer yang letaknya jauh.
1.8 Gopher
Adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari
informasi yang ada di internet
2. Perangkat keras yang di Gunakan
2.1 Personal Komputer
2.2 Modem
Modem berasal dari
singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan
bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier)
dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang
memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa
yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem
merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua
arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan
bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain
sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras
yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
2.3 Tower triangle
adalah sebuah alat yang sering kita jumpai di sekitar
kita. alat ini biasa kita jumpai di gedung -gedung tinggi maupun perkantoran,
selain itu bisa juga kita jumpai di sekolah-sekolah maupun warnet. Tower
triangle sendiri mempunyai fungsi yang sangat banyak. selain bisa kita
gunakan untuk meletakkan atau sebagai tempat pendukung dalam instalasi jaringan
internet, tower triangle juga bisa juga digunakan untuk antena radio amatir
maupun antena lainnya.
2.4 Access Point
dalam jaringan
computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP)
adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk
terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau
standar terkait. WAP biasanya yang terhubung ke jaringan kabel, dan dapat
relay data antara perangkat nirkabel (seperti komputer atau printer) dan kabel
pada perangkat jaringan.
Acces Point sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk
menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point
inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio,
ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau,
semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas
jangkauannya
1.5
Kamera
Internet/webcamp
adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan pada saat ini juga)
yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring
Wera Wanua, program pengolahpesan
cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Istilah kamera
ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang-kadang diganti dengan kata lain yang memerikan
pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan
pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama
kota dan perdesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya,
cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Kamera
ramatraya adalah sebuah kameravideo bergana (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB atau pun colokan COM.
3. Cara Menghubungkan
* Melalui
jaringan
* Melalui
Saluran Telepon Langsung (Dial Up).
* Menggunakan
jaringan GPRS.
* Melalui
WiFi.
* Menggunakan
jaringan TV Kabel.
* Menggunakan
Wireless Broadband
4. JARINGAN KOMPUTER
a. Local Area Network (LAN)
- LAN merupakan jaringan yang terdiri atas satu
komputer (bisa juga perangkat lain) atau lebih, dalam suatu area
tertentujaringan komputer yang biasa ditemui sehari-hari, di perkantoran,
kampus, atau bahkan di rumah yang mencakup area terbatas
b. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah
jaringan LAN dalam
versi yang lebih
besar. MAN umumnya
digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang
letaknya berdekatan.
c. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang
sangat luas dari segi
geografis.
d. Global Area Network (GAN)
Mempunyai cakupan geografis yang paling luas sebab
jaringan ini meliputi
seluruh dunia.
5. Internet
Service Provider
Internet
Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah
perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses
internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dll.
Fungsi Internet Service Provider
·
Sebagai media yang memberikan jasa untuk saling
berhubungan dengan internet.
·
Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
·
Menyediakan modem untuk dial-up.
·
Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World
Wide Web (www).
·
Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat
elektronik (e-mail).
·
Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara
via internet.
·
Memberi tempat untuk homepage.
·
ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan
menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.
6. WEB
BROWSER
Web
browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang
digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu
halaman Web/Blog. Awalnya Web Browser hanya berorientasi pada teks dan belum
dapat menampilkan gambar. Namun, Web Browser sekarang tidak hanya menampilkan
text dan gambar tetapi juga file multimedia seperti video dan suara. Browser
juga dapat mengirim dan menerima e-mail, mengelola bahasa HTML (Hyper Text Markup
Language) sebagai input, dan menjadikan halaman Web sebagai hasil output yang
informatif.
Browser juga bisa disebut sebagai Jembatan antara
pengguna Internet dengan Internet, tanpa browser ini mustahil para pengguna
internet dapat memanfaatkan Internet. Dengan menggunakan web browser ini juga,
para pengguna Internet juga dapat mengakses dan memanfaatkan berbagai macam
informasi yang terdapat di Internet dengan mudah.
Beberapa contoh Web Browser yang ada :
1)
MOZILLA
FIREFOX --> Cepat, aman dan kaya tampilan.
2)
OPERA
--> Cepat dan tampilan halaman web yang optimal dan memukau.
3)
INTERNET
EXPLORER --> Web browser bawaan windows.
4)
SAFARI
--> Web browser khas macintosh.
5)
GOOGLE
CHROME --> Web browser yang dikembangkan oleh google.
6)
AVANT
BROWSER --> Web browser berbasis internet explorer namun dengan tampilan
yang lebih elegan
7)
FLOCK
--> Web browser yang ditujukan buat penggila social engineering.
Analisa
1. Strengths,
(kekuatan) kekuatan atau keunggulan internet
yaitu internet dapat di gunakan kapan saja serta bisa
di akses lebih cepat dari pada kita mencari informasi pada buku-buku.
2.
Seaknesses,(kelemahan)
kelemahan internet
Dengan teknologi komunikasi yang berkembang pesat
internet juga memiliki kelemahan, yaitu adanya penyebaran virus yang di
sebabkan oleh internet itu sendiri.
3. Opportunities,(
peluang)peluang internet
yaitu internet bisa di jadikan sebagai media untuk
transaksi jual beli bahkan untuk berbisnis.
4. Threats, (ancaman)
ancaman internet
Selain menguntungkan internet juga dapat memberikan
ancaman berupa dampak negative, misalnya untuk membuka situs situs porno dan
lain sebagainya.
DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET
A. DAMPAK POSITIF
- Internet sebagai media
komunikasi
- Media pertukaran data
- Media untuk mencari
informasi atau data
- Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet
sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi
- Bisa
digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan
lain-lain
- Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju
ke
tempat penawaran/penjualan.
B.
DAMPAK NEGATIF
a.
Pornografi Anak /
Eksploitasi
b. Pelecehan Cyber
c. Perdagangan Pasar Gelap Cyber
d.
Kesalahan informasi /
Propaganda
e.
Penipuan
f.
Pecandu Online
g.
Penyebaran Virus
BAB II
E COMMERCE
Perkembangan
internet menyebabkanterbentuknyaduniabaru yang
disebut
duniamaya.Di duniamaya,setiap individu
memilikihakdan kemampuan untukberinteraksi
dengan individu
lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya.
Globalisasi yang sempurna
sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital.
Dari
seluruh aspek kehidupan manusia yangterkenadampakkehadiraninternet,sektorbisnismerupakan
sektoryangpalingterkenadampakdariperkembanganteknologiinformasidantelekomunikasisertapalingcepattumbuh.Mobilitas manusia yang tinggi
menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan
cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul
transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan
konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melaluie-commerce,seluruhmanusiadimukabumimemilikikesempatandanpeluangyangsamauntuk bersaingdanberhasilberbisnis
diduniamaya. Oleh karena itu, kami akan
mencoba membahas apa dan bagaimana internet,
e-business dan e-commercetersebut.
1. TujuanE-Commerce
1. Agar orang yang
inginmembelibarangatautransaksilewat internet hanyamembutuhkanakses internetdan
interface-nyamenggunakanweb browser
2. Menjadikanportal
e-commerce / e-shoptidaksekedarportalbelanja,
tapimenjaditempatberkumpulnyakomunitasdenganmembangunbasiskomunitas,
membangunkonsep pasar bukansekedartempatjualbeli dan sebagaipusatinformasi(release, productreview,
konsultasi, dll)
3. Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasikonsepsipelayanankonvensionaldan
virtual :responsif (respon yang cepat dan ramah), dinamis, informatif dan
komunikatif
4. Informasi yang up to date,
komunikasimulti-arah yang dinamis
5. Modelpembayaran :kartukreditatau transfer.
6. Memahami lebih dalam mengenai internet, e-businessdan e-commerce
7. Mengembangkan
wawasan penulis
2. Manfaat
1.
Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
2.
Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih
baik.
3.
Pengembangan atas investasi pemegang saham dan
pemilik yang meningkat.
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan
Elektronik:
1. Biaya
tinggi.
2. Masalah
keamanan.
3.
Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
3. PENGERTIAN E
– COMMERCE
E- commerce (electronic comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan computer lainya. E commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, antara lain sebagai berikut :
Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, barang dan jasa, melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
Perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis.
Perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli barang melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
E- commerce (electronic comers) adalah pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan computer lainya. E commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, antara lain sebagai berikut :
Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, barang dan jasa, melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
Perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis.
Perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli barang melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Seluruh definisi yang
dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen
pembeli, penjual, barang dan jasa, media yang digunakan dalam hal ini adalah
internet.
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga e commerce pun menjadi identik dalam menjalankan bisnis di internet.
Dengan menggunakan teknologi informasi, e commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. E commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan yang konsisten.
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga e commerce pun menjadi identik dalam menjalankan bisnis di internet.
Dengan menggunakan teknologi informasi, e commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. E commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan yang konsisten.
4. KELEBIHAN & KEKURANGAN E COMMERCE
Kelebihan e commerce :
- Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.
Kekurangan e commerce :
- Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.
5.BERBISNIS DENGAN E COMMERCE
Sebuah perusahaan e commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekutan produk saja, tetapi dengan adanya tim manajemen yang handal pengiriman yang tepat waktu.
Factor yang harus diperhatikan dalam berbisnis e commerce :
-menyediakan harga yang kompetitif
-adanya jasa yang handal
-adanya kemudahan dalam kegiatan perdagangan
-menyediakan informasi mengenai barang dan jasa secara lengkap
Sebuah perusahaan e commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekutan produk saja, tetapi dengan adanya tim manajemen yang handal pengiriman yang tepat waktu.
Factor yang harus diperhatikan dalam berbisnis e commerce :
-menyediakan harga yang kompetitif
-adanya jasa yang handal
-adanya kemudahan dalam kegiatan perdagangan
-menyediakan informasi mengenai barang dan jasa secara lengkap
BAB III
E- GOVERMENT
Perkembangan teknologi informasi dibidang pemerintahan sedang menuju kepemerintahan yang e-government, Problem-problem mengenai masalah kewarganegaraan, dapat teratasi lewat pembangunan tata pemerintahan, termasuk kependudukan, berbasis elektronik (electronic based government, e-government). Secara pragmatis, e-government dapat meningkatkan efisiensi sekaligus menekan praktek penyimpangan administrasi negara. Lebih mendasar lagi, dari kaca mata politik demokrasi, melalui tiga kerangka kerjanya, yang terdiri atas e-government consultation, dan e-decision-making, komitmen dan keberhasilan pemerintah suatu negara, dalam menyelenggarakan e-government dapat dijadikan indikator kesediaan pemerintah tersebut dalam berbagi informasi dan pengetahuan dengan warganya. Secara lebih mendalam departemen instansi pemerintah dalam mempersiapkan visi dan misi kebijaka teknologi informasi, lebih melihat pada faktor equity (menjadikan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi penggunaan umum). Dibandingkan dengan keempat faktor yang lainnya yaitu demokratisasi, transparansi, akuntabilitas dan globalisasi. Untuk mencapai target penerapan teknologi informasi yang efektif perlu diadakan komputerisasi pemerintahan atau e-government dan sumber daya manusia dan pendidikan. Alasannya karena penerapan teknologi informasi akan menjadi optimal apabila pengetahuan para pemakai atau pengguna jasa teknologi benar-benar memahami teknologi sehingga sasaran penerapan teknologi informasi tercapai.
1. TUJUAN PENERAPAN e-GOVERNMENT
Konsep e-government diterapkan dengan tujuan
bahwa hubungan pemerintah baik dengan masyarakatnya maupun dengan pelaku bisnis
dapat berlangsung secara efisien, efektif dan ekonomis. Hal ini diperlukan
mengingat dinamisnya gerak masyarakat pada saat ini, sehingga pemerintah harus
dapat menyesuaikan fungsinya dalam negara, agar masyarakat dapat menikmati
haknya dan menjalankan kewajibannya dengan nyaman dan aman, yang kesemuanya itu
dapat dicapai dengan pembenahan sistem dari pemerintahan itu sendiri, dan
e-government adalah salah satu caranya.
Selain itu tujuan penerapan e-government adalah untuk mencapai suatu tata pemerintahan yang baik (good governance). Pengertian dari tata pemerintahan yang baik (good governance) menurut UNDP seperti yang dinyatakan dalam Dokumen Kebijakan UNDP yang diterbitkan pada bulan Januari 1997 dengan judul "Tata Pemerintahan Menunjang Pembangunan Manusia Berkelanjutan", adalah : "penggunaan wewenang ekonomi, politik dan administrasi guna mengelola urusan-urusan negara pada semua tingkat. Tata pemerintahan menyangkut seluruh mekanisme, proses, dan lembaga-lembaga di mana warga dan kelompok-kelompok masyarakat mengutarakan kepentingan mereka, menggunakan hak hukum, memenuhi kewajiban dan menjembatani perbedaan-perbedaan di antara mereka."
Selain itu tujuan penerapan e-government adalah untuk mencapai suatu tata pemerintahan yang baik (good governance). Pengertian dari tata pemerintahan yang baik (good governance) menurut UNDP seperti yang dinyatakan dalam Dokumen Kebijakan UNDP yang diterbitkan pada bulan Januari 1997 dengan judul "Tata Pemerintahan Menunjang Pembangunan Manusia Berkelanjutan", adalah : "penggunaan wewenang ekonomi, politik dan administrasi guna mengelola urusan-urusan negara pada semua tingkat. Tata pemerintahan menyangkut seluruh mekanisme, proses, dan lembaga-lembaga di mana warga dan kelompok-kelompok masyarakat mengutarakan kepentingan mereka, menggunakan hak hukum, memenuhi kewajiban dan menjembatani perbedaan-perbedaan di antara mereka."
2.
Definisi-definisi E-Government
E-Government menurut kominfo Adalah upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis/ menggunakan electronik dalam rangka meningkatkan pelayanan publik secara efektif dan efisien.
E-Government menurut world bank Adalah penggunaan tekhnologi informasi oleh kantor-kantor pemerintah untuk pelayanan lebih baik pada masyarakat dunia usaha dan untuk memperbaiki kerjasama antar institusi pemerintah.
Secara umum penerapan E-Gov adalah untuk memperpendek limit pengambilan keputusan serta rentang kendali sistem managemen pemerintahan yang slama ini merupakan sistem hirarki kewenangan dan komando sektoral yang memicu.
E-Government menurut kominfo Adalah upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis/ menggunakan electronik dalam rangka meningkatkan pelayanan publik secara efektif dan efisien.
E-Government menurut world bank Adalah penggunaan tekhnologi informasi oleh kantor-kantor pemerintah untuk pelayanan lebih baik pada masyarakat dunia usaha dan untuk memperbaiki kerjasama antar institusi pemerintah.
Secara umum penerapan E-Gov adalah untuk memperpendek limit pengambilan keputusan serta rentang kendali sistem managemen pemerintahan yang slama ini merupakan sistem hirarki kewenangan dan komando sektoral yang memicu.
3.
Manfaat e-Government
Penelitian-penelitian sebelumnya, menemukan bahwa implementasi e-government mempunyai manfaat dan dampak yang cukup signifikan dalam banyak hal. Manfaat tersebut antara lain adalah peningkatan efisiensi, kualitas layanan publik, transparansi, partisipasi publik, dan pengembangan ekonomi (e.g. Seifert dan Bonham, 2003; Grönlundet al., 2005; Kumar dan Best, 2006).
Penelitian-penelitian sebelumnya, menemukan bahwa implementasi e-government mempunyai manfaat dan dampak yang cukup signifikan dalam banyak hal. Manfaat tersebut antara lain adalah peningkatan efisiensi, kualitas layanan publik, transparansi, partisipasi publik, dan pengembangan ekonomi (e.g. Seifert dan Bonham, 2003; Grönlundet al., 2005; Kumar dan Best, 2006).
4. METODE PENELITIAN
A. Variabel Penelitian
Penelitian ini mengukur penilian subyektif pengusaha terhadap lima variabel yang masing–masing. mewakili prinsip-prinsip e-government, yaitu kepedulian terhadap stakeholder, efektivitas dan efisiensi, partisipasi masyarakat, akuntabilitas, dan transparansi. Tidak semua prinsip e-government dimasukkan dalam penelitian ini.
B. Efektivitas dan efisien
Variabel ini digunakan untuk mengukur kualitas proses yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pemerintah yang membuahkan hasil sesuai kebutuhan warga masyarakat dan dengan menggunakan sumberdaya secara optimal.
Variabel ini digunakan untuk mengukur kualitas proses yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pemerintah yang membuahkan hasil sesuai kebutuhan warga masyarakat dan dengan menggunakan sumberdaya secara optimal.
C. Akuntabilitas
Variabel ini digunakan untuk menilai kinerja pemerintah yang bertugas dalam pengambilan
keputusan dengan bertanggungjawab kepada masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan.
Variabel ini digunakan untuk menilai kinerja pemerintah yang bertugas dalam pengambilan
keputusan dengan bertanggungjawab kepada masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan.
KESIMPULAN
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan
pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di
dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga
yang dinamis dan interaktif.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen
Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)
memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan
sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini
dikenal dengan nama ARPANET.
ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila
seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain
(melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa
berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Keberadaan internet
mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan
begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang
kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.
Segala sesuatu tidak terlepas dari sisi positif dan
negatif,begitu pula dengan internet banyak sisi positif tetapi ada juga sisi
negatifnya.
Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen
atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup
dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet
bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang
pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.
Daftar
Pustaka
Tutang.2007. Praktikum Internet.Penerbit D @TAKOM
Lintas Buana,Jakarta
Ahmad.S.P dan Ario T. Suwarno,207 menjelajah Dunia
Maya,
El Yucateco Hotel & Casino - MapyRO
BalasHapusEl Yucateco Hotel & Casino 충청북도 출장안마 in El Cajon, CA features 954 guest rooms and suites, 이천 출장샵 104 Forbes 문경 출장안마 Travel Guide 부천 출장마사지 Five-Star restaurants, exciting leisure 전라북도 출장마사지 activities,